Tapi orang Bali sendiri disambut suku baru ini wisatawan dengan perasaan campur aduk. Bagi banyak dari anak-anak dari Kuta dan Denpasar tetangga, kedatangan orang-orang aneh asing adalah hal yang paling menarik terjadi ke Bali sejak Arjuna dan gengnya mengirim anak-anak itu Kurawa menangis minta ampun kembali hari-hari dari Mahabarata. Pada saat itu, salah satu olahraga favorit remaja Bali adalah untuk naik sepeda dan pedal ke Kuta untuk memelototi parade pucat daging telanjang berbaring di pasir. Dan beberapa pemuda petualang bahkan berani bergabung dengan partai, tumbuh rambut mereka panjang, menguasai beberapa akord gitar dan beberapa pilihan kata-kata bahasa Inggris, dan mengadopsi Jimi Hendrix dan Rolling Stones sebagai anggota baru dari jajaran dewa. Tapi untuk Bali lainnya, riptide baru ini pariwisata mengisyaratkan bahaya. Sementara potensi ekonomi menjadi tuan rumah gerombolan ini lapar untuk godaan Bali tidak bisa dipungkiri, banyak orang Bali merasakan bahwa kemakmuran baru ini mungkin datang pada biaya warisan budaya Bali. Kekhawatiran tentang Westernisasi pemuda Bali dan penurunan moralitas tradisional dalam menghadapi umpan dari seks bebas dan uang mudah, ditambah dengan gangguan meningkat pada orang-orang wisatawan yang terganggu upacara kuil dan kremasi dengan kamera mereka berkedip dan pakaian minim mereka, menyebabkan penciptaan rencana baru untuk pengembangan wisata.
Pada tahun 1971, pemerintah Indonesia, dengan bantuan dari Bank Dunia, menyusun Master Plan pertama untuk Pengembangan Pariwisata di Bali. Untuk mengontrol dan mengatur pariwisata, yang mulai mengamuk sembarangan di seluruh pulau, pemerintah mengusulkan pengembangan Nusa Dua, hamparan gersang dan tidak subur tanah di ujung selatan Bali, sebagai pusat pariwisata mewah. Dari dasar pantai ini, para wisatawan dapat naik bus ke kuil dan toko-toko seni dan pertunjukan tari dan kembali pada waktunya untuk minum koktail dingin dan menonton matahari tergelincir turun di tepi laut. Nusa Dua konsep, itu berpendapat, akan mencapai beberapa tujuan. Ini akan menjaga pariwisata pada jarak terhormat dari kehidupan sehari-hari orang Bali, memungkinkan budaya tetap dipertahankan dari setiap negatif pengaruh luar. Ini akan mengontrol proliferasi industri informal yang bermunculan di sekitar daerah kantong hippie dari tempat-tempat seperti Kuta, memastikan bahwa hanya berlisensi panduan, driver, hotel dan vendor memiliki akses ke pengunjung. Dan, oleh pricing Bali jauh dari kisaran rata-rata backpacker, itu akan membantu membawa kedua valuta asing diperlukan dan jenis wisatawan lebih sesuai dengan gambar berwenang ingin memproyeksikan Bali sebagai bagian dari bangsa yang makmur modern.
Tapi bagi banyak wisatawan, Nusa Dua tidak cukup untuk memuaskan hasrat mereka untuk otentik budaya Bali. Bagi mereka yang datang mencari yang paling dalam istirahat dan relaksasi, luar biasa fasilitas bintang Nusa Dua lima yakin untuk menyenangkan bahkan jetsetter paling letih. Tetapi bagi mereka yang ingin melihat dan pengalaman lebih dari kehidupan Bali, dunia yang lebih luas dari Bali memberi isyarat. Dan Bali serta bertekad untuk memotong untuk diri mereka sendiri sepotong besar kue pariwisata dari lingkungan perusahaan yang dikendalikan dari Nusa Dua akan memungkinkan. Untuk mengatasi masalah ini, sekelompok Bali datang dengan agenda mereka sendiri: untuk membuat Bali menjadi sebuah karya untuk wisata budaya. Ini jenis baru pariwisata, diharapkan, akan membiarkan Bali melestarikan tradisi mereka sementara masih menghasilkan keuntungan. Ini akan membawa Bali ke era global sementara tetap mempertahankan dengan nuansa desa - ". Glocalisation" posisi dijuluki oleh pengembang sebagai Dan, menurut sebagian besar Bali, ide telah bekerja. Dipicu oleh masuknya dana dari bisnis wisata, ritual memegang Bali hari ini dan festival lebih rumit daripada sebelumnya, dan penari, pelukis, musisi dan pengrajin telah menjadi anggota dihormati dari kelas menengah yang berkembang Bali. Pariwisata budaya juga menyebabkan peningkatan rasa identitas lokal dan kebanggaan, kepastian bahwa "ciri khas Bali" adalah sesuatu yang berharga tidak hanya dalam batas-batas satu pulau kecil tetapi di pasar dunia yang lebih luas. Tentu saja, ini bukan untuk mengatakan bahwa tidak ada benjolan di jalan untuk hidup berdampingan secara damai antara Bali dan tamu mereka. Tidak semua wisatawan tertarik dalam budaya, dan single berayun adegan Kuta masih mengirimkan menggigil bawah punggung para anggota yang lebih konservatif pendirian tradisional Bali. Dan dengan pusat-pusat pariwisata terkonsentrasi di selatan pulau, akses ke kekayaan baru ini tetap tidak merata, dengan banyak dari mereka yang hidup terpencil di Timur dan Bali Utara masih hidup dalam keadaan keuangan cukup renggang. Di bawah pemerintahan Orde Baru Presiden Soeharto, banyak orang Bali mengeluh bahwa mereka terpinggirkan dari manfaat bahwa pariwisata membawa, untuk banyak hotel dan bisnis pariwisata yang dimiliki oleh lingkaran pilih keluarga Soeharto dan teman-teman. Dan Bali masih bekerja untuk menemukan keseimbangan antara budaya dan pariwisata yang berkelanjutan dan dapat diterima oleh semua segmen masyarakat. Keluhan masih muncul kasus-kasus yang dianggap "pelecehan budaya," ketika pariwisata melanggar hukum batas-batas nilai-nilai tradisional. Sebuah proyek untuk membangun sebuah kuil di dekat kuil suci Tanah Lot itu ditentang keras oleh kedua Hindu konservatif dan organisasi non-pemerintah lokal. Sebuah iklan Hotel yang menampilkan bola golf bertengger di atas korban canang untuk para dewa menyebabkan perdebatan berlarut-larut atas kebutuhan untuk melindungi nilai-nilai agama dari penodaan komersial. Penggunaan Barong dan Rangda tokoh suci sebagai dekorasi untuk disko dan karaoke bar memprovokasi jenis yang sama protes, sedangkan rencana publikasi yang baik Mick Jagger dan Jerry Hall, baik non-Hindu, menikah pada Bali dalam sebuah upacara Hindu memiliki Bali memperdebatkan sejauh mana tradisi suci bisa berbagi dengan non-Bali. Dan banyak orang Bali telah menjadi curiga terhadap orang luar yang datang ke pulau mencari bagian dari kekayaan bahwa Bali merasa benar milik mereka. Beberapa telah mengambil jenis-jenis ketegangan sebagai tanda-tanda disintegrasi budaya, sebagai sinyal bahwa Bali menjadi "hancur," "hilang" atau terkoyak. Tapi satu juga bisa melemparkan konflik dalam cahaya yang berbeda: sebagai percakapan penting tentang makna budaya tradisional dalam dunia modern. Dengan membahas warisan mereka di halaman-halaman media massa dan organisasi budaya lokal, Bali telah menjadi vital menyadari pentingnya bahwa sejarah mereka memainkan dalam menentukan masa depan mereka. Dengan membahas dan memperdebatkan budaya mereka, orang Bali membuat persiapan penting untuk memasuki milenium berikutnya dan menghadapi tantangan itu pasti membawa.
No comments:
Post a Comment