Friday, April 1, 2016

Bali Tinggi

Saya menulis memoar ini dari perspektif seorang turis dari Filipina. Sebelum datang ke Bali, saya berpikir bahwa Bali adalah tujuan pantai lain, seperti Boracay atau Phuket. Tidak, tampaknya aku salah. Bali jauh lebih dari pantai. Mari ku tunjukkan.

Cahaya meningkatkan seni, seseorang tidak dapat mengisolasi struktur dari lingkungan alamnya.

Saya ingat parafrase ini dari film menit kami tiba di hotel kami, Royal Bali Beach Club di Jimbaran. Ketika kami duduk minum minuman selamat datang kami, mata saya tertuju ke atap jerami yang terbuat dari alang-alang (cogon). Tiga tingkat naik dari lantai dasar lobi, tiang bambu dan kayu frame mengilap membentuk desain geometris yang bersinar di lampu hangat. Ukiran Hindu batu, ukiran kayu yang rumit di dinding, bunga kamboja di vas, topeng Bali, gargoyle & lili air semua dikombinasikan dengan atap alang-alang jerami untuk membuat tropis, suasana Bali. Meskipun kelelahan, saya merasa dirangsang oleh begitu banyak ekspresi artistik.

Dalam perjalanan ke St. Francis Xavier gereja di Kuta pada hari berikutnya, saya akhirnya melihat Bali di siang hari. Saya merasa aneh bahwa hampir semua struktur (kecuali yang dengan atap jerami) memiliki atap ubin yang sama dalam warna terakota. Aku hampir bisa percaya Bali sengaja menciptakan bertema, bersatu terlihat seperti apa Paris atau orang Israel di Yerusalem lakukan. Saya pikir ini memberikan kota karakter yang unik. Apakah Anda tahu bahwa Bali memiliki seni jalanan terpanjang di dunia?

Pada perjalanan ke Ubud yang dianggap pusat seni dan budaya Bali, "seni jalanan" melewati beberapa kota yang mengkhususkan diri dalam seni yang berbeda: Tohpati (batik), Batubulan (batu ukiran), Mas (ukiran kayu), Celuk (perak & emas), Ubud (lukisan dan galeri, pasar seni), Sukawati (pasar seni). Ini surga seorang artis! Tiga hari tidak cukup bagi kami tapi kami senang dengan souvenir kami, terutama di Windu Sari (Batubulan), Tubuh dan Jiwa dan Hanya Jeans factory outlet di (Seminyak), dan di pasar Sukawati, semua dengan diskon. Selalu tawar-menawar di Bali, sebanyak 70% jika Anda dinyatakan dapat berjalan pergi dan melihat apakah mereka akan menyerah.

Apakah saya menyebutkan bahwa sawah dan sawah dikelilingi kota-kota seni ini? Bali awalnya dibangun sawah mereka untuk mengelilingi kuil air mereka, dan berkat sistem irigasi subak yang diwarisi dari Hindu, padi ditanam sepanjang tahun. Kita tidak bisa melupakan bebek ber-kwek di sawah sekalipun. Mengapa, mereka adalah bebek yang sama yang goreng rempah-rempah Indonesia dan mendarat di piring makan siang kami! Lezat. Menariknya, bebek Indonesia (bebek) terasa berbeda dari yang Peking duck sepupu. Jika Anda datang ke Bali, kunjungan ke Bebik Bengil di Ubud untuk makan siang atau makan malam yang layak. Kebun Bali, sawah, musik bambu tradisional Bali adalah sebagai indah sebagai bebek khusus dan es krim goreng untuk gurun, dengan harga yang wajar.

Pada awalnya, kami tidak begitu gila untuk bergegas ke pantai karena kami terbiasa dengan pasir atau karang pantai baik di Filipina. Namun, pada malam ketiga kami, kami menuju ke pantai Jimbaran untuk makan malam seafood dan mendapat ketagihan sejak. Siapa yang bisa menolak makan seafood bakar di luar ruangan di malam hari dengan ombak menabrak dekatnya, pasir di bawah kaki kita, candlelights, berkelap-kelip lampu di kejauhan dan bintang bersinar di langit? Pada malam terakhir kami di Fortuin restoran, ada resepsi pernikahan Bali sebelah. Kami menyaksikan tarian tradisional Bali, tarian perut modern, tarian api, dan mendengar beberapa lagu Bali dan lagu bahasa Inggris seperti daun musim gugur. Ada dekorasi Hindu-Bali antara meja dan kursi dan, menurut pelayan, pernikahan terjadi sehari sebelumnya tapi perayaan akan selama beberapa hari. Sebuah asing dan Bali yang akan menikah jadi mungkin mereka memiliki dua macam perayaan?

Berbicara tentang pantai, ada satu pantai yang tidak ditemukan dalam peta Bali. Ini disebut Dreamland dan dimiliki oleh Tommy Soeharto, putra mantan presiden. Seperti namanya, Tommy mendapat pantai terbaik di proyek real estate besar yang disebut Dreamland. Terletak antara Jimbaran dan Uluwatu, Dreamland pantai lebih indah, pasir yang lebih halus daripada yang di dekatnya Jimbaran, Kuta atau bahkan Nusa Dua (yang terakhir ini berasal dari Ngurah sopir kami.) Itu di Dreamland bahwa aku melihat peselancar up-dekat. Itu menarik untuk menonton mereka meluncur masuk dan keluar dari gelombang karena mereka membuatnya tampak begitu mudah. Apakah mereka mengalami atlet "tinggi" bergelombang atas orang gelombang? Mungkin. Dalam pengalaman saya sebagai seorang pelari, itu selalu menggembirakan untuk berjalan pada kecepatan tertinggi dengan angin bertiup seluruh tubuh saya.

Segera, itu matahari terbenam. Menonton matahari terbenam di Kuta atau Dreamland pantai adalah acara khusus untuk keluarga kami karena kita hidup di kota yang jauh dari pantai manapun. Kami sangat senang bahwa pantai-pantai di Bali yang bebas dan tidak ramai dengan orang-orang. Saya tidak bisa menjelaskan mengapa tapi rasanya seperti makanan bagi jiwa kita untuk mengejar matahari terbenam di tepi pantai.

Bagi saya, Uluwatu di barat daya Bali memiliki pandangan tebing yang paling dramatis atas laut India. 70 meteran tebing adegan itu sedikit seperti Dua Belas Rasul di Melbourne, Australia yang menghadapi Samudera Selatan. Setelah setengah jam berjalan dengan jalan kami dihargai dengan pemandangan! Ada banyak monyet di sekitar, tapi jangan tertipu atau takut bahwa monyet akan mencuri barang-barang Anda. Itulah yang penduduk setempat akan memberitahu Anda, tetapi saya menolak untuk meninggalkan kacamata saya di belakang sebagai mata saya sensitif terhadap matahari. Nah, mereka kacamata hitam murah juga tapi hei, setidaknya saya tidak mengerutkan kening di pemotretan dan tidak ada yang terjadi kepada kami.

Mari kita lihat: pantai (untuk berselancar, olahraga air, atau berenang), gunung, danau, taman nasional, sawah & ladang, terpanjang seni jalanan, arsitektur Hindu-Polinesia, kuil Hindu, pagoda Buddha, tari dan teater Bali, kebun Bali, rempah-rempah Indonesia, butik desainer, hotel pantai & restoran, dan bandara internasional ditemukan dalam SATU pulau? Sangat ya. Saat ini, ketika saya sedang dalam mood untuk mengingat Bali, semua harus saya lakukan adalah memetik bunga kamboja dari kebun kami, meletakkannya di belakang telinga, memainkan musik bambu tradisional Bali di CD player saya, membaca buku tentang Bali atau mencoba resep dari buku masak Bali dan voila, itu Bali lagi. Saya pikir saya punya demam tinggi Bali.

No comments:

Post a Comment